Bagaimana Cara Instalasi Apache Tomcat 6.0 Di Windows

Apa Itu Apache Tomcat?

Apache Tomcat adalah salah satu web server atau servlet container yang digunakan dalam pengembangan aplikasi berbasis java seperti JSP (Java Server Pages), JSF (Java Server Paces), Struts, Spring MVC, dan lain sebagainya.

Apache Tomcat bersifat Open Source dan di bawah naungan Apache Foundation. Apache Tomcat banyak sekali digunakan pada proses pengembangan aplikasi karena kemudahan dan keringanan dalam penggunaanya.

Disamping Apache Tomcat, banyak sekali web server ataupun servlet container berbasis Java seperti Weblogic dari Oracle, Websphere dari IBM, JBoss Server dari Redhat, dan Lain sebagainya.

Langkah-Langkah Instalasi

Di bawah ini adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan dalam proses instalasi Apache Tomcat di Windows:

  1. Sebelum melakukan proses instalasi Apache Tomcat, Anda harus menginstall terlebih dahulu JDK (Java Development Kit) di Windows Anda. Silahkan anda download JDK di situs resminya. Apache Tomcat 6.0 Membutuhkan minimum JDK versi 1.2

  2. Langkah selanjutnya adalah Download Apache Tomcat versi 6.0 di situs resminya. Pilih yang binary distribution dan sesuaikan dengan versi Windows Anda (32 bit atau 64 bit).

    Bagaimana Cara Instalasi Apache Tomcat 6.0 di Windows

  3. Setelah Anda berhasi download Apache Tomcat 6.0, Ekstrak (Unzip) file hasil download kedalam direktori yang telah anda siapkan misalkan C:\apache-tomcat-6.0.37.

    Bagaimana Cara Instalasi Apache Tomcat 6.0 Di Windows
  4. Langkah selanjutnya adalah setting CATALINA_HOME pada Windows System Environment Anda, dan tambahkan pada PATH System Environment Anda.

    Bagaimana Cara Instalasi Apache Tomcat 6.0 Di Windows
  5. Untuk Menjalankan Apache Tomcat (Start), Silahkan anda buka program Command Prompt (CMD) kemudian masuk ke direktori bin tempat Anda install Apache Tomcat misalkan di C:\apache-tomcat-6.0.37\bin. Ketikkan startup.bat dan tekan ENTER.

    Bagaimana Cara Instalasi Apache Tomcat 6.0 Di Windows

    Apabila keluar message "Server startup in xxx ms" pada jendela Command Promp Anda, berarti Apache Tomcat telah berhasil dijalankan. Selamat !!

  6. Untuk mematikan (shutdown) Apache Tomcat, Ketikkan shutdown.bat Pada Command Prompt di direktory C:\apache-tomcat-6.0.37\bin.

Referensi


Sekian tutorial singkat tentang Bagaimana Cara Instalasi Apache Tomcat 6.0 di Windows. Semoga bermanfaat & Selamat Belajar Apache Tomcat.

Jika Anda menyukai tutorial ini, silahkan Anda share dan Anda bagikan dengan teman-teman Anda, dan jika Anda ingin berdiskusi tentang judul tutorial diatas, atau pun mau bertanya tentang tutorial ini silahkan Anda untuk menggunakan fasilitas komentar untuk berdiskusi dan bertanya di blog ini.

Salam,

~ Nursalim ~
Naura-Lab.blogspot.com 


Jika Anda rasa artikel ini bermanfaat, saya sangat berterima kasih bila Anda mau membagikannya ke teman. Jangan lupa dapatkan update artikel terbaru dari Naura-Lab melalui email:

1 comments:

Post a Comment